Senin, 17 Agustus 2009

Event dengan 5 Tombol


Langkah pertama buat dulu bola lalu convert to symbol > klik button >
Lalu copy sampai visible. Lalu beri nama masing-masing
bola 1 = btn1 seperti gambar
bola 2 = btn2
bola 3 = btn3
bola 4 = btn4
bola 5 = btn5
bola 6 = btn6



Lalu pilih button dan tulis bola > okLalu ketik
X , Y, Width, Height, Alpa dan + dan - cara penulisannya dipisah tidak digabung
Lalu klik kanan pada tanda + lalu klik kanan convert tosymbol
Lalu pilih Button dan ketik + > ok
Maka akan muncul di library name nya lihat gambar

Lalu copy + dan - paste sehingga seperti gambar dibawah

Lakukan langkah yang sama untuk min seperti tadi > sehingga seperti gambar

Kemudian klik tanda +


Klik instance Name dan kasih nama tanda + pertama misalnya btn1
Lalu di + kedua beri nama btn2 dan lakukan langkah yg sama seperti langkah pertama sampai + kelima
Ketiga =btn3 , 4 = btn4 , 5 = btn5
Kemudian klik tanda –
Ingat pemberian nama + dan min tdk boleh sama jika + tadi btn1 maka minnya harus berbeda.
Klik instance Name dan kasih nama tanda - pertama misalnya bt1 sehingga seperti gambar


Lakukan langkah yg sama seperti langkah pertama untuk pemberian nama pada –
Di – ke 2 beri nama bt2 , 3 = bt3 , 4 = bt4 , 5 = bt5

> Lalu klik layer 1 > klik Action > lalu di Action Frame ketik rumus seperti gambar di bawah



atau

btn1.onPress = function(){
bola._x+=15;}
btn2.onPress = function(){
bola._y+=15;}
btn3.onPress = function(){
bola._width+=15;}
btn4.onPress = function(){
bola._height+=15;}
btn5.onPress = function(){
bola._alpha+=15;}
bt1.onPress = function(){
bola._x-=15;}
bt2.onPress = function(){
bola._y-=15;}
bt3.onPress = function(){
bola._width-=15;}
bt4.onPress = function(){
bola._height-=15;}
bt5.onPress = function(){
bola._alpha-15;}


> lalu jalankan dengan menekan Ctrl + Enter sehingga muncul seperti gambar dibawah


Klik tanda + yg pertama maka akan bergerak kanan
Jika diklik tanda – pertama maka akan bergerak ke kekiri
Jika diklik tanda + kedua maka akan bergerak ke bawah
Jika diklik tanda - kedua maka akan bergerak ke keatas
Jika diklik tanda + ketiga maka bolanya akan menjadi lebih besar
Jika diklik tanda - ketiga maka bolanya akan menjadi lebih kecil
Jika diklik tanda + ke4 maka bolanya akan menjadi lebih terlihat
Jika diklik tanda - ke4 maka bolanya akan kabur / menghilang

BY : IRMAWATI

SELAMAT MENCOBA

Event

PERTEMUAN 2 GM3
Event


  • Event yaitu aksi yang terjadi saat file SWF dijalankan saat event terjadi maka dibutuhkan event handler untuk memberikan aksi respon terhadap event yang terjadi.
  • Property yaitu karakteristik dari sebuah objek
misalnya > karakteristik dari sebuah objek
X yaitu posisi objek pada sumbu X
Y yaitu posisi objek pada sumbu Y

  • width yaitu ukuran lebih besar dari objek
  • height yaitu ukuran lebih tinggi dari objek
  • alpha yaitu tingkat transparasi dari objek
  • visibility yaitu tampak / tidak tampaknya objek
Event Ada 3 Bentuk

  • Mouse dan Keyboard Event
  • Clip Event yaitu event yang terjadi pada movie clip
  • Frame Event yaitu event yang terjadi padatimeline



langkah 1

buat bola lalu
KLIK KANAN pada BOLA Klik Convert to symbol TRUS PILIH movie sehingga muncul seperti gmbr




rumus



atau


on (keyPress "") {
this._x--;
}
on (keyPress ""){
this._x++;
}

on (keyPress ""){
this._y++;
}

on (keyPress ""){
this._y--;
}

on (
"keyPress "){
this._y--;
}



catatan

untuk menjalankan tekan Ctrl + Enter

Untuk menggerakkan objek ke kiri
tekan tanda panah sebelah kiri.

Untuk menggerakkan objek ke kanan
tekan tanda panah sebelah kanan

Untuk menggerakkan objek ke bawah.
tekan tanda panah ke bawah

Untuk menggerakkan objek ke atas
tekan tanda panah keatas